Four Cara Mengubah Entrepreneurship Bisnis Kecil Jadi Luar Biasa

Kemudian mulai arahkan usaha dan sumber daya untuk menunjukkan daya tarik produk Anda ke satu media sosial tersebut. Setiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan.

berbisnis dengan rintangan

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara mempertahankan bisnis ini dan sampai kapan bisnis ini akan tetap bertahan? Produk yang diminati sekarang belum tentu tetap diminati besok. Oleh karena itu mimpi yang kuat bisa jadi penopang dan penyemangat kamu untuk tetap fokus mengejarnya. Kamu bisa menuliskan dalam buku catatan atau secarik kertas uraian dari mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan sebagai pengingat. Dengan begitu, keinginan untuk mewujudkan itu akan semakin mengakar dan kuat.

Keinginan masyarakat yang dinamis membuat banyak bisnis tak bisa bertahan lama. Contohnya seperti bisnis di bidang kuliner yang mengikuti tren dan selera yang sedang populer di kalangan masyarakat. Meski begitu, seorang wirausahawan sejati tentu menyadari bahwa munculnya rintangan bukan tanda untuk berhenti. Nyatanya, rintangan dan risiko merupakan makanan sehari-hari dalam berbisnis. Alih-alih berhenti, tantangan ini seharusnya segera dihadapi dan bisa diatasi. Selain menjadi favorit keluarga, kue buatan sang ibu juga kerap mendapat pujian dari tamu yang berkunjung.

Jangan biarkan berbagai rintangan membuat kamu patah semangat, karena akan lebih mudah mencapai tujuan dan meraih kesuksesan kalau kamu tetap termotivasi. Yuk ikuti four cara dibawah ini untuk mengisi ulang semangat kamu dan membangun kembali kesempatan untuk meraih target bisnis yang ingin kamu capai. Seperti dialami pasangan suami istri Asep Supriady dan Erni yang memang penuh banyak rintangan dalam menjalankan bisnis aneka kue kering bernama “Bellarosa”. Erni mengaku tidak memiliki latar belakang atau pengalaman berbisnis. Namun ia dan suami tetap maju dan tekun menjalankan bisnisnya sejak 2005 hingga bisa meraih kesuksesan. Kesalahan bisnis pemula yang cukup deadly adalah ketika Anda salah memilih pegawai yang bekerja untuk Anda, atau memilih mitra kerja.

Dia membuktikan masih ada harapan kebangkitan ekonomi kendati pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. Nah, beda halnya jika kita langsung bekerja setelah lulus kuliah, kita tidak akan mengalami rintangan-rintangan seperti halnya berbisnis. Dengan bekerja ikut orang lain, kita tidak akan mengeluarkan modal sedikitpun dan kita akan mendapatkan gaji yang tetap. “Jangan takut modal akan habis. Justru dengan berbagi, akan datang modal dan keuntungan yang berlipat ganda,” kata Kang Zae. Ia mengutip pesan yang diungkapkan mendiang usahawan Bob Sadino, yaitu jangan pernah takut miskin karena berbagi. Semakin banyak kita berguna bagi orang lain, justru mereka akan membantu kita nantinya.